Wednesday, September 9, 2009

History BAAN

The Baan Corporation telah dibuat oleh Jan Baan pada tahun 1978 di Barneveld, Belanda, untuk memberikan konsultasi administrasi keuangan dan jasa. Dengan pengembangan paket perangkat lunak pertama, Jan Baan dan Paul Baan saudaranya memasuki apa yang kemudian menjadi industri ERP. Baan perusahaan yang berfokus pada penciptaan perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) software.

Jan Baan mengembangkan program komputer pertama Durango F-85

komputer dalam bahasa BASIC. Pada awal tahun '80-an, Baan Perusahaan mulai mengembangkan Unix aplikasi komputer dengan C dan mengembangkan diri Baan-bahasa C, yang sintaks yang sangat mirip dengan bahasa BASIC.
Baan memperoleh popularitasnya pada awal tahun sembilan puluhan. Lunak Baan terkenal dengan Dynamic Enterprise Modeler (DEM), teknik arsitektur dan bahasa 4GL. Baan 4GL dan Prasarana saat ini masih dianggap sebagai salah satu yang paling efisien dan produktif platform pengembangan aplikasi database. Baan menjadi ancaman nyata pemimpin pasar SAP setelah memenangkan Boeing besar kesepakatan pada tahun 1994. Ia pergi IPO pada tahun 1995 dan menjadi perusahaan publik di Amsterdam dan US Nasdaq. Beberapa perusahaan konsultan besar di seluruh dunia bekerja sama untuk melaksanakan Baan IV untuk perusahaan-perusahaan multi-nasional. Serveral telah mengakuisisi perusahaan perangkat lunak lain untuk memperkaya produk porfolio, termasuk Aurum, Berclain, Coda dan timnas Logistics. Pertumbuhan penjualan pernah diklaim mencapai 91% per tahun.

Namun jatuhnya Baan Perusahaan dimulai pada tahun 1998. Manajemen perusahaan berlebihan penghasilan dengan pemesanan "penjualan" dari lisensi perangkat lunak yang benar-benar ditransfer ke distributor terkait. Penemuan ini "kreatif" manipulasi pendapatan menyebabkan penurunan tajam Baan harga saham pada akhir tahun 1998.

Pada bulan Juni 2000, menghadapi kesulitan keuangan memburuk, sesuai hukum dan pelaporan kerugian kuartalan berturut-turut tujuh dan prospek suram, Baan ini dijual dengan harga US $ 700 juta untuk Invensys, UK otomasi, kontrol, dan proses kelompok solusi untuk menjadi seorang unit Perangkat Lunak dan Layanan Divisi. Laurens van der Tang adalah presiden unit ini. Dengan akuisisi Baan, CEO Invensys Allen Yurko mulai menawarkan "Sensor untuk Boardroom" solusi untuk pelanggan.

Pada bulan Juni 2003, setelah turun Yurko Allen, Invensys menjual unit ke unit Baan SSA Global Technologies sebesar US $ 135 juta.

Setelah memperoleh perangkat lunak Baan, SSA dinamai sebagai SSA Baan ERP Ln. Pada bulan Agustus 2005, SSA Global merilis versi baru dari Baan, bernama SSA ERP LN 6.1. Pada bulan Mei 2006, SSA diakuisisi oleh Infor Global Solutions Atlanta, yang merupakan consolidator ERP besar di pasar.

Perangkat lunak ERP Baan hari ini masih digunakan oleh ribuan perusahaan mid-range di dunia, mayoritas pada versi BaanIVc4 dan sebagian besar Baan5c sisanya. Penjualan baru ERP Ln rendah.

6 comments:

  1. Hariyo,,
    mw tny nii,,
    pertama,,
    dr pnjlsan d atas kan kt'y sblm mnggunakan bhsa C Jan Baan mengembangkan program komputer pertama Durango F-85 komputer dalam bahasa BASIC. Mksd'y bhsa BASIC tuu ap yaa..??

    kedua,,
    Lunak Baan terkenal dengan Dynamic Enterprise Modeler (DEM), teknik arsitektur dan bahasa 4GL. Tolng ksi pnjlsan'y yaa..

    Mkcii yaa Yo..

    ReplyDelete
  2. 1. BASIC adalah singkatan dari Beginners’ All-purpose Symbolic Instruction Code adalah sebuah kelompok bahasa pemrograman tingkat tinggi. Secara harfiah, BASIC memiliki arti "kode instruksi simbolis semua tujuan yang dapat digunakan oleh para pemula".

    2. Dynamic Enterprise Modeler(DEM) adalah Enterprise Modeling yang dikembangkan oleh perusahaan BAAN. dan digunakan untuk Baan sistem Enterprise Resource Planning untuk menyelaraskan dan menerapkannya dalam arsitektur organisasi end-using company.

    4GL adalah sebuah bahasa pemrograman yang dirancang dengan tujuan tertentu, seperti pengembangan Software bisnis komersial

    ReplyDelete
  3. sorry yo,,,,
    ada 2 pertanyaan gw neh...
    1. apakah BAAN hanya bergerak di bidang Human Resource(Sumber Daya Manusia) saja???? apakah BAAN juga ada bergerak dibidang yang lain juga

    2. apa yang menyebabkan BAAN mengalami kejatuhan????

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete